If any broken link, please contact me!

7 Genre Game yang Disalahartikan


Genre atau ragam permainan video digunakan untuk menggolongkan permainan video berdasarkan interaksi bidang permainannya, bukan hanya perbedaan visual maupun naratif. Permainan video diklasifikasikan independen berdasarkan pengaturan atau isi dari sktruktur permainan tersebut, tidak seperti film ataupun buku.
Berikut ini adalah daftar umum yang digunakan untuk menentukan genre permainan video. Daftar ini belum lengkap karena pada dasarnya permainan video berkembang pesat. Sebuah permainan umumnya juga memiliki lebih dari satu genre (Hybrid-genre). Genre sebenarnya dari sebuah permainan terbuka untuk ditafsirkan bagi setiap individu. Namun, ada Genre Game yang Disalahartikan. Berikut 7 Genre Game yang Disalahartikan.


1. RPG (Role-Playing Game)

RPG
Genre game yang disalahartikan satu ini masih banyak orang yang belum tau arti sebenarnya, RPG bukanlah game Adventure yang sering kita temui, dimana kita bisa menjelajah dan bergerak semau kita. Dari namanya saja Role-Playing Game yang dalam bahasa Indonesianya adalah Permainan Peran dimana kita memainkan peran di sana dan kita tidak hanya memainkan satu tokoh cerita melainkan banyak tokoh yang berkolaborasi untuk menyelesaikan cerita.
Jadi game yang benar-benar pure atau asli RPG itu adalah Final Fantasy, Atlantica Online, Seven Knight, dan game-game lainnya yang gameplay-nya menyerang secara bergantian dan menggunakan lebih dari satu tokoh.

2. MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game)

MMO
Nah kadang di sini orang-orang salah mengartikan MMORPG, karena banyak game dengan genre MMORPG berkata kalau itu adalah game Adventure. Memang tidak salah namun sebenarnya game MMORPG biasanya menganut genre Action dan Adventure juga karena game action adalah game dimana tokoh di permainan tersebut bisa kita gerakan secara bebas dan tidak terikat dengan aturan menyerang secara bergiliran. Maka game tersebut sudah termasuk game action dimana gerakan dari karakter yang kita mainkan bisa bergerak secara lincah dan tidak sepenuhnya bergantung pada strategi.

3. FPS (First Person Shooter)

FPS
Sejatinya game FPS adalah game berjenis shooter dan bergenre FPS. Genre FPS diambil dari penempatan pemain dalam game, First Person Shooter memiliki ciri utama yaitu Sudut Pandang Orang Pertama, dimana kita di tempatkan sebagai orang yang terlibat secara langsung. Contoh game Bergenre FPS yang terkenal Call Of Duty, BattleField, Medal Of Honor, Dan lain - lain

4. TPS (Third Person Shooter)

TPS
Genre yang satu ini memang sama dengan FPS namun perbedaanya adalah di penempatan karakter di game tersebut. Sebenarnya tidak berbeda jauh dengan game FPS. TPS memiliki tempat sendiri karena berbeda dengan FPS. Game FPS biasanya memiliki kelebihan seperti bersembunyi di tembok namun kita tetap bisa melihat musuh dan kemudian menembaknya. Berbeda dengan TPS kalau kita bersembunyi ya musuhnya tidak keliatan. Jadi sekarang kamu bisa membedakan antara keduanya kan? Contoh game bergenre TPS yang terkenal adalah Ghost Racoon dan Sniper Elite.

5. Simulator

Simu
Game dengan genre yang satu ini sangat sering disalahartikan. Karena banyak rupa dan macamnya sehingga banyak yang mengklarifikasikanya sebagai game lain. Game simulasi memiliki arti sendiri yaitu simulasi atau peniruan dari kenyataan. Game simulasi adalah game dimana kita bisa merasakan seperti apa aslinya permainan tersebut, karena game simulator dibuat sedemikian rupa agar terasa seperti nyata.

6. Adventure

Adventure
Genre yang satu ini juga sering diartikan sebagai game RPG, padahal kenyatanya bukan. Karena game adventure adalah game dimana kita diminta menjelajah di game tersebut dan tidak memiliki unsur fantasi yang terlalu dalam. Lebih mementingkan ke cerita dan perjalanannya.

7. Action

AC
Genre game yang satu ini termasuk yang sering disalahartikan dan sering dimasukan ke kelompok RPG, padahal kenyataanya berbeda. Game Action adalah game yang mengusut tema cepat dan lincah dimana pemainnya dituntut untuk menyerang dan menghindar di waktu yang tidak pasti, tanpa peraturan, dan hanya mengutamakan mengalahkan musuh dengan cepat dan tepat. Game yang memiliki genre action di antaranya God Of War, Assassin's Creed, Batman, dan masih banyak lagi.

Itulah 7 Genre Game yang Disalahartikan. Semoga bermanfaat.
I like challenges and learning new things.