If any broken link, please contact me!

Manfaat Air Hujan Bagi Kehidupan dan Kesehatan

Manfaat Air Hujan Bagi Kehidupan dan Kesehatan
Air hujan adalah sumber air yang sangat dibutuhkan oleh kehidupan di alam semesta ini. Untuk mengetahui apa saja manfaat air hujan bagi kehidupan dan kesehatan, simak uraian di bawah ini.

Manfaat Air Hujan Bagi Kehidupan dan Kesehatan, sudah tidak bisa disangkal lagi bahwa air hujan sangat bermanfaat dan membawa berkah bagi kehidupan. Sebagaimana hal ini sudah dinas di dalam Al-Qur’an : “Dialah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira sebelum kedatangan rahmatNya (hujan), dan Kami turunkan air dari langit yang amar bersih, agar Kami menghidupkan dengan air itu negeri (tanah) yang mati, dan agar Kami memberi minum dengan air itu sebagian besar dari makluk Kami, binatang-binatang ternak dan manusia yang banyak. Dan sesungguhnya Kami telah mempergilirkan hujan itu di antara manusia supaya mereka mengambil pelajaran (daripadanya); maka kebanyakan manusia itu tidak mau kecuali mengingkari (nikmat)”(QS. Al-Furqaan : 48-50).

        Dari dalil tersebut sudah jelas, bahwa air hujan yang turun dari langit adalah merupakan sumber kehidupan dari Allah SWT. Namun masalah musibah seperti banjir, longsor, dan bencana lainnya yang diyakini disebabkan dari air hujan, itu sebenarnya bukan kesalahan dari air hujan tetapi kesalahan manusialah yang senang membuat kerusakan di bumi.Kalau dipikir manfaat air hujan sudah tidak bisa dihitung, hanya saja kita yang sering mengingkari nikmatNya. Air hujan selain bermanfaat sebagai sumber kehidupan, juga dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk mengobati penyakit dan memelihara kesehatan kita. Tetapi yang perlu diperhatikan air hujan memiliki suhu dibawah suhu air normal sehingga dapat membuat tubuh terasa menggigil kedinginan. Jika tubuh anda kurang fit maka jangan coba-coba untuk hujan-hujanan karena bisa menyebabkan flu. Air hujan merupakan salah satu sumber air bersih 
yang disediakan oleh alam yang dapat dipergunakan oleh manusia.

Apa dan dari mana sih air hujan itu?
       Air hujan merupakan proses alam yaitu berawal dari uap air dipermukaan tanah yang naik ke langit kemudian membentuk awan. Awan yang bertumpuk-tumpuk karena terbawa oleh angin membawa butiran-butiran air. Butiran-butiran air itu mengalami gravitasi dan jatuh ke bumi. Ketika air jatuh ke bumi sebagian menguap dan uap tersebut kembali lagi ke atas dan air yang turun ke bumi disebut air hujan.

Apa saja sih kandungan air hujan itu?
Air hujan yang berasal dari langit sering membuat kita bertanya-tanya, apa aman sih air hujan untuk dikonsumsi? Untuk menjawab pertanyaan ini, maka perlu adanya pengetahuan atas kandungan air hujan itu sendiri apakah bermanfaat atau sebaliknya justru berbahaya bagi tubuh kita.
Kandungan air hujan : Sebenarnya kandungan air hujan sangat berpengaruh pada kondisi atmosfer dan arah angin dimana hujan itu turun. Air hujan akan bereaksi dengan kondisi atmosfer yang dilaluinya sehingga sangat berpotensi mengandung zat-zat seperti karbon (fly ash / dalam bentuk abu ringan), asam nitrat, asam sulfat dan zat lainnya yang berasal dari industri atau gunung berapi. Kandungan utama dari air hujan yaitu terdapat 99,9 % H2O sisanya dari kondisi atmosfer yang dilalui. Jadi kandungan air hujan berbeda-beda di satu tempat dengan tempat yang lain. Misalnya kandungan air hujan yang turun di permukaan laut akan berbeda dengan hujan yang turun didaratan, kandungan air hujan yang turun ditempat padat penduduk dan industri akan berbeda dengan kandungan air hujan yang turun di tempat-tempat yang jarang penduduk dan industrinnya.

Air hujan juga bisa dijadikan air minur segar tetapi disarankan agar melakukan pengolahan terlebih dahulu agar lebih aman untuk kesehatan. Air hujan bisa saja langsung diminum akan tetapi perlu diketahui kondisi atmosfer disekitar turunya hujan, dan air hujan tersebut turun langsung dari langit tidak melalui perantara seperti genteng, seng, logam, daun atau apapun yang memungkinkan air hujan menjadi kotor dan tercemar. Coba anda tadah air hujan dengan wadah yang bersih dan diamkan sebentar, kemudian tarohlah dalam plastik bening kemudian masukan ke dalam freezer, setelah air hujan tersebut membeku akan tampak ada kristal-kristal dalam air hujan tersebut, hal ini menandakan bahwa air hujan layak untuk dikonsumsi.
I like challenges and learning new things.